RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP NEGERI 1 CUGENANG
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
Kelas/semester : VII/1
Materi Pokok : Norma dan Keadilan
Alokasi Waktu : 5 Pertemuan ( 5 x 3 JP
= 15 JP)
A.
Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran, peserta didik diharapkan mampu:
1.2.1 Bersyukur atas keberadaan
norma dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.
1.2.1
Menyadari pentingnya penegakan
hukum untuk kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
2.2.1 Mendukung proses penegakan
hukum.
2.2.2 Terlibat aktif dalam
menegakkan tata tertib di sekolah.
3.2.1 Mendeskripsikan pengertian
dan macam-macam norma.
3.2.2 Mendesripsikan
macam-macam norma dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
3.2.3 Menunjukkan perilaku sesuai
norma.
3.2.4 Menunjukkan macam-macam
keadilan.
3.2.5
Menganalisis pentingnya norma
hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
4.4.1 Menyajikan hasil telaah
pengertian dan macam-macam norma.
4.4.2 Menyajikan hasil telaah arti
penting norma dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
4.4.3 Mempraktikkan perilaku menaati norma dalam
lingkungan sekolah.
B.
Kompetensi Dasar
1.2 Menanggapi
norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dengan jujur
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.2 Menghargai norma-norma yang
berlaku dalam kehidupan bermasyarakat.
3.2 Memahami
norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan
keadilan.
4.2 Melaksanakan perilaku sesuai norma-norma yang berlaku dalam kehidupan
bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan.
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.2.1 Bersyukur atas keberadaan
norma dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.
1.2.1
Menyadari pentingnya penegakan
hukum untuk kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
2.2.1 Mendukung proses penegakan
hukum.
2.2.2 Terlibat aktif dalam
menegakkan tata tertib di sekolah.
3.2.1 Mendeskripsikan pengertian
dan macam-macam norma.
3.2.2
Mendesripsikan macam-macam norma
dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
3.2.3 Menunjukkan perilaku sesuai
norma.
3.2.4 Menunjukkan macam-macam
keadilan.
3.2.5
Menganalisis pentingnya norma
hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
4.4.1 Menyajikan hasil telaah
pengertian dan macam-macam norma.
4.4.2 Menyajikan hasil telaah arti
penting norma dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
4.4.3
Mempraktikkan perilaku menaati norma dalam lingkungan sekolah.
D.
Materi Pembelajaran
1. Norma dalam kehidupan bermasyarakat (Terlampir)
2. Arti Penting Norma dalam Mewujudkan Keadilan (Terlampir)
3. Perilaku Sesuai Norma dalam Kehidupan
Sehari-hari (Terlampir)
E.
Metode Pembelajaran
Pertemuan 1
Pembelajaran menggunakan model problem based
learning, metode diskusi dengan model klarifikasi nilai.
Pertemuan 2
Pembelajaran menggunakan model problem based learning, metode diskusi
dengan simulasi.
Pertemuan 3
Pembelajaran menggunakan model discovery learning, numbered
head together (kepala bernomor).
Pertemuan 4
Pembelajaran menggunakan project based learning, metode diskusi
dengan model pembelajaran proyek belajar
kewarganegaraan.
Pertemuan 5
Pembelajaran menggunakan problem based learning, metode diskusi
dengan model partisipasi kewarganegaraan.
F.
Media Pembelajaran
1.
Lembar Kerja Peserta Didik
2.
Laptop dan Proyektor
3.
Power point
4.
Gambar
5.
Video
G. Sumber
Pembelajaran
1. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku
Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila
dan Kewarganegaraan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku
Guru Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
H. Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan 1
1. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a.
Guru mempersiapkan
secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan
melakukan berdoa, menanyakan kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas,
kesiapan buku tulis, dan sumber belajar.
b.
Guru memberi
motivasi dengan membimbing peserta didik untuk meneriakan yel. (Yel telah
dipersiapkan sebelumnya oleh guru).
c.
Guru melakukan
apersepsi melalui tanya jawab dan
problem solving mengenai hakikat norma misalkan apa pengertian norma? (Guru
memberikan apresiasi atas jawaban peserta didik).
d.
Guru menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi yang akan
dicapai.
e.
Guru membimbing
peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran.
f.
Guru menjelaskan
materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.
2. Kegiatan Inti (90 menit)
a. Guru membimbing peserta didik
membentuk kelas menjadi beberapa kelompok, dengan jumlah anggota empat sampai
dengan lima peserta didik.
b. Guru meminta peserta didik mengamati
gambar yang berkaitan dengan norma.
c. Guru meminta peserta didik mencatat
hal-hal yang penting dan yang tidak diketahui dalam gambar tersebut.
d. Guru mengamati keterampilan peserta
didik dalam mengamati gambar tersebut.
e. Setelah memperhatikan gambar, peserta
didik sesuai pembagian kelompok diberikan kesempatan bertanya tentang perilaku
dari gambar tersebut atau diwajibkan menjawab pertanyaan berikut.
1)
Apa tanggapan kamu tentang
gambar tersebut?
2)
Apa yang menyebabkan
terjadinya peristiwa tersebut?
3)
Jelaskan mengapa dalam
kehidupan masyarakat masih terjadi peristiwa tersebut?
4)
Jelaskan bagaimana cara
mengatasi agar permasalahan tersebut tidak terulang!
f. Guru membimbing peserta didik untuk
mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang sudah disusun
juga mencari melalui sumber belajar lain
seperti buku referensi lain atau internet.
g. Guru membimbing peserta didik untuk
mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya,
seperti :
1)
Mengapa manusia dalam
kehidupannya perlu norma?
2)
Bagaimana akibatnya jika
norma tidak dipatuhi?
3)
Bagaimana caranya agar
norma dipatuhi oleh masyarakat?
h. Guru membimbing peserta didik secara
kelompok untuk menyimpulkan pengertian
norma, sumber-sumber norma,
macam-macam norma, dan sanksi
pelanggaran norma.
i. Guru membimbing peserta didik
menyusun laporan hasil telaah tentang pengertian norma dan macam-macam norma secara tertulis. Laporan dapat berupa
display, bahan tayang, maupun dalam bentuk kertas lembaran.
j. Guru membimbing setiap kelompok untuk
menyajikan hasil telaah di kelas. Kegiatan penyajian oleh kelompok dilakukan
secara bergantian di depan kelas. Atau melalui memajang hasil telaah (display)
di dinding kelas dan kelompok lain saling mengunjungi dan memberikan komentar
atas hasil telaah kelompok lain.
3. Kegiatan Penutup (20 menit)
a. Guru membimbing peserta didik
menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal.
b. Guru melakukan refleksi dengan
peserta didik atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan
menentukan tindakan yang akan dilakukan berkaitan dengan pengertian norma dan macam-macam norma serta meminta peserta didik menjawab
pertanyaan berikut.
1) Apa manfaat yang diperoleh dari
mempelajari pengertian norma dan macam-macam norma bagi kalian?
2) Apa sikap yang kalian peroleh dari
proses pembelajaran yang telah dilakukan?
3) Apa manfaat yang diperoleh melalui
proses pembelajaran yang telah dilakukan?
4) Apa rencana tindak lanjut akan kalian
lakukan?
c. Guru memberikan umpan balik atas
proses pembelajaran dan hasil laporan individu.
d. Guru melakukan tes tertulis dengan
membuat soal sendiri sesuai indikator
pencapaian kompetensi.
e. Guru menjelaskan rencana kegiatan
pertemuan berikutnya.
Pertemuan 2
1. Kegiatan Pendahuluan (20 menit)
a. Guru
mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran
dengan melakukan berdoa, mengecek kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian
kelas, kesiapan buku tulis, serta sumber belajar.
b.
Guru memberi motivasi dengan membimbing peserta
didik menyanyikan lagu daerah setempat atau permainan daerahnya.
c.
Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab
atau problem solving mengenai norma
masyarakat yang telah dipelajari sebelumnya.
d.
Guru menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi yang akan
dicapai.
e.
Guru membimbing peserta didik melalui tanya jawab
tentang manfaat proses pembelajaran.
f.
Guru menjelaskan materi dan kegiatan pembelajaran
yang akan dilakukan peserta didik.
2. Kegiatan
Inti (80 menit)
a. Guru membimbing peserta didik
berkelompok sesuai dengan kelompok yang dibentuk pada pertemuan pertama.
b. Guru meminta peserta didik mengkaji
suatu masalah yang disampaikan guru tentang pelaksanaan norma dimasyarakat.
c. Guru membimbing peserta didik secara
kelompok untuk mengidentifikasi pertanyaan berkaitan dengan isu publik tentang norma yang berlaku dalam masyarakat.
d. Guru dapat membimbing peserta didik
menyusun pertanyaan agar terarah sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi,
seperti contoh berikut ini.
1) Apa saja norma yang masih berlaku
dalam masyarakat?
2) Pelaksanaan norma apa yang sering
menjadi perhatian masyarakat?
3) Bagaimana tata cara norma tersebut
dalam masyarakat?
4) Siapa yang terlibat dalam pelaksanaan
norma tersebut?
5) Apa sanksi apabila terjadi
pelanggaran terhadap norma tersebut?
e. Guru memberi motivasi dan penghargaan
bagi kelompok yang menyusun pertanyaan terbanyak dan sesuai dengan indikator
pencapaian kompetensi.
f. Guru membimbing setiap kelompok untuk
melakukan pengamatan dari berbagai media tentang pelaksanaan norma di
masyarakat.
g. Guru memfasilitasi peserta didik
dengan sumber belajar lain seperti buku
penunjang atau internet.
h. Guru membimbing peserta didik untuk
mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya,
seperti berikut ini.
1) Hubungan berbagai norma yang berlaku.
2) Persamaan dan perbedaan berbagai
norma yang berlaku.
3) Membandingkan berbagai sanksi norma
yang berlaku.
i. Guru membimbing peserta didik secara
kelompok untuk menyimpulkan norma yang berlaku dalam masyarakat.
j. Guru membimbing kelompok untuk
menyajikan simulasi salah satu norma yang berlaku dalam masyarakat. Agar
lebih terarah, norma yang disimulasikan berbeda antarkelompok. Guru dapat
membimbing pembagian tema simulasi tersebut.
k. Guru membimbing peserta didik
menyusun laporan hasil pengamatan secara tertulis. Laporan dapat berupa display, bahan tayang, maupun dalam bentuk
kertas lembaran.
l. Guru membimbing setiap kelompok untuk
menyajikan laporan dalam bentuk pameran kelas.
m. Guru membimbing setiap kelompok untuk
menyajikan simulasi norma yang berlaku
dalam masyarakat.
n. Selama simulasi, kelompok lain
mengamati dan menilai penyajian simulasi.
o. Setelah simulasi guru memberi
kesempatan beberapa kelompok menyampaikan hasil pengamatan terhadap pelaksanaan
simulasi.
3. Kegiatan Penutup (20 menit)
a. Guru melakukan refleksi dengan
peserta didik atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan
menentukan tindakan yang akan dilakukan berkaitan dengan norma dalam
masyarakat. Mintalah peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini.
1) Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari norma dalam masyarakat bagi kalian?
2) Apa sikap yang kalian peroleh dari
proses pembelajaran yang telah dilakukan?
3) Apa manfaat yang diperoleh melalui
proses pembelajaran yang telah dilakukan?
4) Apa rencana tindak lanjut akan kalian
lakukan?
5) Apa sikap yang perlu dilakukan
selanjutnya?
b. Guru memberikan umpan balik atas
proses pembelajaran dan hasil laporan individu.
c. Guru menjelaskan rencana kegiatan
pertemuan berikutnya.
Pertemuan 3
1. Kegiatan
Pendahuluan (15 menit)
a. Guru
mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran
dengan melakukan berdoa, mengecek kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian
kelas, kesiapan buku tulis, serta sumber belajar.
b. Guru
melakukan apersepsi melalui tanya jawab dan
problem solving mengenai hakikat norma misalkan apa pengertian keadilan?
c. Guru
memberikan apresiasi atas jawaban peserta didik.
d. Guru
menyampaikan kompetensi dasar dan
indikator pencapaian kompetensi yang akan dicapai.
e. Guru
membimbing peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat proses
pembelajaran.
f. Guru
menjelaskan materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.
2. Kegiatan Inti (90 menit)
a. Guru membentuk kelas menjadi beberapa
kelompok dan setiap siswa mendapatkan nomor.
b. Guru memberikan tugas arti penting
norma dalam mewujudkan keadilan dan masing-masing kelompok mengerjakannya.
c. Kelompok
mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan setiap kelompok
mengerjakannya/mengetahui jawabannya.
d. Guru
memanggil salah satu nomor siswa untuk melaporkan hasil kerja mereka.Siswa lain memberi tanggapan.
e. Guru menunjuk nomor yang lainnya
untuk kelompok berikutnya.
f. Guru membimbing peserta didik untuk
mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya.
g. Guru membimbing peserta didik secara
kelompok untuk menyimpulkan arti penting norma hukum dalam mewujudkan keadilan
di masyarakat.
h. Guru membimbing peserta didik
menyusun laporan hasil telaah tentang makna keadilan hukum dalam kehidupan masyarakat secara
tertulis. Laporan dapat berupa display, bahan tayang, maupun dalam bentuk
kertas lembaran.
i. Guru membimbing setiap kelompok untuk
menyajikan hasil telaah di kelas. Kegiatan penyajian dapat setiap kelompok
secara bergantian di depan kelas. Atau melalui memajang hasil telaah (display)
di dinding kelas dan kelompok lain saling mengunjungi dan memberikan komentar
atas hasil telaah kelompok lain.
3. Kegiatan Penutup (15 menit)
a. Guru
membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab
secara klasikal.
b. Guru
melakukan refleksi dengan peserta didik atas manfaat proses pembelajaran yang
telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan berkaitan dengan
norma dan keadilan dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut
ini.
1) Apa
manfaat yang diperoleh dari norma dan keadilan?
2) Apa sikap yang kalian peroleh dari proses
pembelajaran yang telah dilakukan?
3) Apa
manfaat yang diperoleh melalui proses pembelajaran yang telah dilakukan?
4) Apa
rencana tindak lanjut akan kalian lakukan?
5) Apa
sikap yang perlu dilakukan selanjutnya?
c. Guru
memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil laporan individu, dan
melakukan tertulis dengan soal yang dipersiapkan guru.
d. Guru
menjelaskan rencana kegiatan pertemuan berikutnya dan menugaskan peserta didik
untuk mempelajari Buku PPKn Kelas VII Bab 2, Subbab C.
Pertemuan 4
1. Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
a. Guru
mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran
dengan melakukan berdoa, mengecek kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian
kelas, kesiapan buku tulis, serta sumber belajar.
b. Guru
memberi motivasi melalui bernyanyi lagu nasional atau daerah, bermain, atau
bentuk lain.
c. Guru
melakukan apersepsi melalui tanya jawab mengenai arti penting norma dalam
kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
d. Guru
menyampaikan kompetensi dasar dan indikator
pencapaian kompetensi yang akan dicapai.
e. Guru
membimbing peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat proses
pembelajaran.
f. Guru
menjelaskan materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.
2. Kegiatan
Inti (90 menit)
a. Peserta
didik secara bersama (proyek kelas) menentukan tema sikap dan perilaku menaati
norma.
b. Guru
meminta peserta didik mengamati berbagai peristiwa kepatuhan dan ketidakpatuhan
masyarakat terhadap norma, kemudian guru dapat menambahkan penjelasan sekilas
tentang berbagai peristiwa terbaru yang terjadi dalam lingkungan peserta didik.
c. Guru
meminta kelompok untuk menentukan satu topik masalah berkaitan dengan arti
penting menaati norma, seperti tentang berperilaku di jalan raya, atau topik
lain sesuai dengan lingkungan peserta didik.
d. Peserta
didik mendiskusikan tentang pentingnya menaati norma dalam masyarakat.
e. Peserta
didik mendiskusikan bentuk perilaku menaati norma dan kemudian membuat gerakan
untuk menaati norma.
f. Peserta
didik mendemonstrasikan bentuk-bentuk perilaku menaati norma.
g. Peserta
didik mendokumentasikan bentuk-bentuk perlaku menaati norma yang elah
ditampilkan menjadi proyek kelas.
h. Guru
membimbing kelompok untuk menyimpulkan tentang arti penting norma dalam
kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
3. Kegiatan
Penutup (20 menit)
a. Guru
membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran.
b. Guru
melakukan refleksi pembelajaran melalui berbagai cara seperi tanya jawab tentang
hal yang sudah dipelajari, manfaat pembelajaran, serta perubahan sikap yang
perlu dilakukan.
c. Guru
memberikan penilaian proses dan umpan balik atas proses pembelajaran.
d. Guru
menjelaskan kegiatan minggu berikutnya dan untuk melaksanakan praktik
kewarganegaraan.
Pertemuan
5
1. Kegiatan
Pendahuluan (15 menit)
a. Guru
mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran
dengan melakukan berdoa, mengecek kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian
kelas, kesiapan buku tulis, serta sumber belajar.
b. Guru
memberi motivasi melalui bernyanyi lagu nasional, bermain, atau bentuk lain
sesuai kondisi sekolah.
c. Guru
melakukan apersepsi melalui tanya jawab atau
problem solving mengenai perwujudan perilaku norma di lingkungan sekolah, masyarakat,
bangsa dan negara.
d. Guru
menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi yang akan
dicapai.
e. Guru
membimbing peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat proses
pembelajaran.
f. Guru
menjelaskan materi pokok dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta
didik.
2. Kegiatan
Inti (90 menit)
a. Guru
membimbing peserta didik untuk mengamati gambar berbagai bentuk perwujudan
perilaku sesuai dengan norma dalam berbagai lingkungan.
b. Guru
membimbing peserta didik menyusun pertanyaan tentang perwujudan perilaku sesuai
norma di berbagai lingkungan.
c. Guru
membimbing peserta secara perorangan untuk mencari informasi dengan
mengidentifikasi perwujudan perilaku sesuai dengan norma dari berbagai sumber
belajar dan pengamatan.
d. Guru
dapat menjadi nara sumber bagi peserta didik untuk menjawab pertanyaan atau
mendatangkan nara sumber, seperti pembina OSIS, penjaga sekolah, dan yang lain.
e. Guru
membimbing peserta didik mengkaji Aktivitas 2.7 dan menjawab Tabel 2.4.
f. Guru
membimbing peserta didik mengambil kesimpulan tentang perilaku yang sesuai
dengan norma dalam berbagai lingkungan.
g. Guru
membimbing peserta didik menyusun hasil telaah dan pengamatan secara perorangan
secara tertulis.
h. Guru
membimbing peserta didik menyajikan hasil telaah secara perorangan dan
bergantian.
i. Peserta
didik dengan dibimbing guru menyimpulkan tentang arti penting norma dalam
kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
3. Kegiatan
Penutup (15 menit)
a. Guru
membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran.
b. Guru
melakukan refleksi pembelajaran melalui berbagai cara seperi tanya jawab
tentang apa yang sudah dipelajari, apa manfaat pembelajaran, apa perubahan
sikap yang perlu dilakukan.
c. Melaksanakan
uji kompetensi.
d. Guru
memberikan umpan balik atas proses pembelajaran.
e. Guru
menjelaskan kegiatan pertemuan berikutnya dan memberikan penugasan untuk
mempelajari Bab 3.
I.
Penilaian Hasil Pembelajaran
1.
Teknik Penilaian
a. Sikap
b. Pengetahuan
c. Keterampilan
2.
Instrumen Penilaian
Pertemuan Pertama
a. Penilaian
Sikap
Penilaian
sikap terhadap peserta didik dilakukan selama proses belajar berlangsung. Aspek
yang diamati adalah iman taqwa, rasa
syukur, jujur, tanggung jawab, dan percaya diri dalam proses pembelajaran.
Jurnal Pengamatan Sikap
Kelas : ...
Hari,
Tanggal : ...
Pertemuan
Ke- : ...
Materi Pokok : ...
No
|
Nama Peserta
Didik
|
Aspek Penilaian
|
||||
Mematuhi
tata tertib sekolah
|
Tidak datang terlambat
|
Lapor ketika meninggalkan
kelas
|
Mematuhi
aturan kelas
|
Rajin
beribadah
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
Catatan:
Skor
penilaian menggunakan skala 1-4, yaitu sebagai berikut.
Skor
1 apabila peserta didik tidak pernah sesuai aspek sikap yang dinilai.
Skor
2 apabila peserta didik kadang-kadang sesuai aspek sikap yang dinilai.
Skor
3 apabila peserta didik sering sesuai aspek sikap yang dinilai.
Skor
4 apabila peserta didik selalu sesuai dengan aspek sikap yang dinilai.
b.
Penilaian
Kompetensi Pengetahuan
Teknik
penilaian kompetensi pengetahuan pada pertemuan pertama dengan melaksanakan
uji kompetensi mengenai macam-macam norma.
Soal Uji Kompetensi
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Apa
yang dimaksud dengan norma?
2. Jelaskan
tentang norma kesusilaan?
3. Jelaskan
tentang norma kesopanan?
4.
Jelaskan tentang norma agama?
5.
Jelaskan tentang norma hukum?
Kunci Jawaban Uji Kompetensi
1.
Norma adalah kaidah, aturan atau adat kebiasaan dan/atau hukum yang berlaku
dalam masyarakat.
2.
Norma
kesusilaan adalah peraturan hidup yang berkenaan dengan bisikan kalbu dan suara
hati nurani manusia.
3.
Norma
kesopanan adalah norma yang berhubungan dengan pergaulan manusia
dalam kehidupan sehari-hari.
4.
Norma
agama adalah sekumpulan kaidah atau peraturan hidup manusia yang sumbernya dari wahyu Tuhan.
5.
Norma
hukum adalah peraturan mengenai tingkah laku manusia dalam pergaulan masyarakat
dan dibuat oleh badan-badan resmi negara serta bersifat memaksa sehingga
perintah dan larangan dalam norma hukum harus ditaati oleh masyarakat.
Penskoran aktivitas diberi skor rentang 1-4,
dan nilai maksimal 100.
Adapun kriteria skor diantaranya adalah sebagai
berikut.
Skor 1 jika jawaban hanya berupaya menjawab
saja.
Skor 2 jika jawaban berupa mendefinisikan.
Skor 3 jika jawaban berupa mendefinisikan dan
sedikit uraian.
Skor 4 jika jawaban berupa mendefinisikan dan
penjelasan logis.
Nilai
= Skor Perolehan × 25
c.
Penilaian Kompetensi Keterampilan
Penilaian keterampilan dilakukan guru dengan
melihat kemampuan peserta didik dalam presentasi, kemampuan bertanya, kemampuan
menjawab pertanyaan atau mempertahankan argumentasi kelompok, kemampuan dalam
memberikan masukan/saran, serta mengapresiasi pada saat menyampaikan hasil
telaah.
Rubrik Penilaian Kinerja
Kelas : ...
Hari,
Tanggal : ...
Pertemuan
Ke- : ...
Materi Pokok : ...
No
|
Nama Peserta Didik
|
Keterampilan Bertanya
|
Keterampilan memberi masukan/saran
|
Keterampilan Menjawab/ berargumentasi
|
Mengapresiasi
|
Nilai
|
||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
Diisi
dengan tanda ceklist
Kategori
Penilaian : 4 = sangat baik, 3 = baik, 2 = cukup, 1 = kurang
Nilai = Skor
Perolehan × 50
2
Pedoman
Penskoran (Rubrik)
1.
Kemampuan Bertanya
Skor 4
apabila selalu bertanya.
Skor 3
apabila sering bertanya.
Skor 2
apabila kadang-kadang bertanya.
Skor 1
apabila tidak pernah bertanya.
2.
Kemampuan Menjawab/Argumentasi
Skor 4
apabila materi/jawaban benar, rasional, dan jelas.
Skor 3
apabila materi/jawaban benar, rasional, dan tidak jelas.
Skor 2
apabila materi/jawaban benar, tidak rasional, dan tidak jelas.
Skor 1
apabila materi/jawaban tidak benar, tidak rasional, dan tidak jelas.
3.
Kemampuan Memberi Masukan
Skor 4
apabila selalu memberi masukan.
Skor 3 apabila
sering memberi masukan.
Skor 2
apabila kadang-kadang memberi masukan.
Skor 1
apabila tidak pernah memberi masukan.
4.
Mengapresiasi
Skor 4
apabila selalu memberikan pujian.
Skor
3 apabila sering memberikan pujian.
Skor
2 apabila kadang-kadang memberi pujian.
Skor
1 apabila tidak pernah memberi pujian.
Pertemuan
kedua
a. Penilaian Kompetensi Sikap
Teknik
penilaian kompetensi sikap dapat menggunakan observasi. Penilaian dilakukan secara terus
menerus selama proses pembelajaran. Format penilaian sikap menggunakan Jurnal
Perkembangan sikap.
Jurnal Perkembangan Sikap
Kelas : ……..............…….
Semester :
……..............…….
No
|
Tanggal
|
Nama Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
. b. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Teknik
penilaian kompetensi pengetahuan pada pertemuan pertama dengan
mengobservasi jawaban dan diskusi yang berkembang dari diskusi dan tanya jawab
yang dilakukan oleh guru.
Instrumen Observasi Pengetahuan
Kelas :
……..............…….
Semester
:
……..............…….
Pengetahuan yang dinilai : Macam-Macam Norma
No
|
Nama
Peserta
Didik
|
Jawaban Peserta Didik
|
|||
Menjawab
Saja
|
Mendefinisikan
|
Mendefinisikan
dan Sedikit Uraian
|
Mendefinisikan
dan Penjelasan
Logis
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Observasi pengetahuan peserta didik dilakukan
dalam bentuk mengamati diskusi dan pemikiran logis yang berkembang dalam
diskusi. Penskoran aktivitas diberi skor rentang 1-4, dan nilai maksimal 100.
Adapun kriteria skor diantaranya sebagai
berikut.
Skor 1 jika jawaban hanya berupaya menjawab
saja.
Skor 2 jika jawaban berupa mendefinisikan.
Skor 3 jika jawaban berupa mendefinisikan dan
sedikit uraian.
Skor 4 jika jawaban berupa mendefinisikan dan
penjelasan logis.
Nilai
= Skor Perolehan × 25
c. Penilaian Kompetensi Keterampilan
Penilaian keterampilan dilakukan guru dengan
melihat kemampuan peserta didik dalam presentasi, kemampuan bertanya, kemampuan
menjawab pertanyaan atau mempertahankan argumentasi kelompok, kemampuan dalam
memberikan masukan/saran, serta mengapresiasi pada saat menyampaikan hasil
telaah tentang semangat pendiri Negara dalam memahami norma dalam kehidupan
bermasyarakat. Lembar penilaian penyajian dan laporan hasil telaah dapat
menggunakan format di bawah ini, dengan ketentuan aspek penilaian dan rubriknya
dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi serta keperluan guru.
No
|
Nama
Peserta
Didik
|
Kemampuan
Bertanya
|
Kemampuan
Menjawab/
Berargumentasi
|
Memberi
Masukan/
Saran
|
Mengapresiasi
|
||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan : Diisi dengan tanda ceklist
Kategori Penilaian : 4 = sangat baik, 3 = baik,
2 = cukup, 1 = kurang
Nilai
= Skor Perolehan × 50
2
Pertemuan
ketiga
a. Penilaian Kompetensi Sikap
Teknik penilaian kompetensi sikap untuk
pertemuan ketiga menggunakan teknik penilaian sikap dengan observasi. Pada
subbab ini, sikap dan keterampilan yang ingin dicapai adalah pembiasaan dalam
mematuhi norma. Aspek yang diambil adalah menanamkan sikap mematuhi norma.
Pedoman Observasi Sikap Mematuhi Norma
Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai
sikap sosial peserta didik dalam tanggung jawab. Berilah tanda ceklist pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab
yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut.
Skor 4
apabila selalu melakukan sesuai aspek pengamatan.
Skor 3
apabila sering melakukan sesuai aspek pengamatan.
Skor 2
apabila kadang-kadang melakukan sesuai aspek pengamatan.
Skor 1
apabila tidak pernah melakukan sesuai aspek pengamatan.
Nama Peserta Didik :
..................................................
Kelas :
..................................................
Periode Pengamatan : ..................................................
Materi Pokok
:
..................................................
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
Selalu datang ke sekolah tepat waktu.
|
1
|
2
|
3
|
4
|
2
|
Mengikuti upacara bendera dengan baik.
|
|
|
|
|
3
|
Berjalan di bahu jalan sebelah kiri.
|
|
|
|
|
4
|
Selalu mengerjakan pekerjaan rumah.
|
|
|
|
|
5
|
Tidak pernah ditegur guru karena membuat
kesalahan.
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
b. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Teknik
penilaian kompetensi pengetahuan pada pertemuan kedua dengan
mengobservasi jawaban dan hasil pekerjaan pada aktivitas yang ada dibuku siswa
(Tabel 2.3). Observasi pengetahuan peserta didik dilakukan dalam bentuk menilai
isian Aktivitas 2.6.
Penskoran jawaban diberi skor rentang 1-4, dan
nilai maksimal 100. Adapun kriteria skor diantaranya:
Skor 1 jika jawaban hanya berupaya menjawab
saja
Skor 2 jika jawaban berupa mendefinisikan
Skor 3 jika jawaban berupa mendefinisikan dan
sedikit uraian
Skor 4 jika jawaban berupa mendefinisikan dan
penjelasan logis
Nilai
= Skor Perolehan × 25
c. Penilaian Kompetensi Keterampilan
Penilaian keterampilan dilakukan guru dengan
melihat kemampuan peserta didik dalam presentasi, kemampuan bertanya, kemampuan
menjawab pertanyaan atau mempertahankan argumentasi kelompok, kemampuan dalam
memberikan masukan/saran, serta mengapresiasi pada saat menyampaikan hasil
telaah tentang norma dan keadilan.
No
|
Nama
Peserta
Didik
|
Kemampuan
Bertanya
|
Kemampuan
Menjawab/
Berargumentasi
|
Memberi
Masukan/
Saran
|
Mengapresiasi
|
||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan : Diisi dengan tanda ceklist
Kategori Penilaian : 4 = sangat baik, 3 = baik,
2 = cukup, 1 = kurang
Nilai
= Skor Perolehan × 50
2
Pertemuan
4
a. Penilaian Kompetensi Sikap
Teknik
penilaian kompetensi sikap dapat menggunakan observasi. Penilaian dilakukan secara terus
menerus selama proses pembelajaran. Penilaian menggunakan Jurnal Perkembangan
Sikap.
Jurnal Perkembangan Sikap
Kelas : ……..............…….
Semester
: ……..............…….
No
|
Tanggal
|
Nama Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Teknik
penilaian kompetensi pengetahuan pada pertemuan keempat dengan
mengobservasi kemampuan peserta didik dalam memahami norma dan keadilan melalui
tugas mengerjakan uji kompetensi 2.1.
Uji Kompetensi 2.1
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Apa
yang dimaksud dengan norma?
2.
Mengapa norma diperlukan dalam masyarakat?
3.
Bagaimana proses terbentuknya norma dalam masyarakat?
4.
Jelaskan 4 (empat) macam norma menurut
bidangnya dan berilah masing-masing 2 (dua) contohnya!
5.
Apakah perbedaan sanksi kebiasaan dan adat istiadat?
Kunci Jawaban Uji Kompetensi 2.1
1.
Norma
adalah aturan atau ketentuan yang mengatur kehidupan warga masyarakat digunakan
sepada panduan, tatanan dan pengendali tingkah laku.
2.
Norma
diperlukan dalam kehidupan masyarakat untuk melindungi kepentingan-kepentingan
manusia sehingga dapat terwujud ketertiban dan kedamaian dalam kehidupan.
3.
Proses
terbentuknya norma. Dalam kehidupan bermasyarakat, setiap manusia memiliki
perbedaan kepentingan. Untuk melindungi kepentingan dan menghindari
perselisihan akibat perbedaan kepentingan tersebut diperlukan adanya aturan
hidup yang disepakati bersama yang dinamakan dengan norma.
4.
Macam-macam
norma.
a. Norma
kesusilaan, yaitu peraturan hidup yang bersumber dari suara hati nurani
manusia. Contohnya, (1) tidak mengambil dompet seseorang yang terjatuh atau
tertinggal; (2) tidak menyontek pada saat ulangan atau ujian.
b. Norma
kesopanan, yaitu peraturan hidup yang bersumber dari pergaulan hidup manusia.
Contohnya, (1) berkata sopan kepada orang tua; (2) menggunakan tangan kanan
menunjukkan sesuatu dan sebagainya.
c. Norma agama, peraturan hidup yang bersumber
dari wahyu Tuhan. Contohnya, (1) melaksanakan ibadah sesuai dengan ajaran agama
yang dianutnya; (2) menjauhi larangan yang diperintahkan oleh Tuhan dalam kitab
suci.
d. Norma hukum, peraturan hidup yang dibuat oleh
badan-badan resmi negara yang bersifat mengatur dan memaksa setiap warga negara.
Contohnya: (1) kewajiban memilki SIM bagi pengendara kendaraan bermotor; (2)
menggunakan helm bagi pengendara kendaraan bermotor roda dua (motor).
5. Perbedaan sanksi kebiasaan dan adat istiadat
terletak pada kekuatan sanksinya. Sanksi terhadap pelanggaran kebiasaan tidak
sekuat sanksi pelanggaran pada hukum adat.
Penilaian pengetahuan peserta didik dilakukan
dalam bentuk menilai jawaban. Penskoran jawaban diberi skor rentang 1-4, dan
nilai maksimal 100. Adapun kriteria skor diantaranya sebagai berikut.
Skor 1 jika jawaban hanya berupaya menjawab
saja.
Skor 2 jika jawaban berupa mendefinisikan.
Skor 3 jika jawaban berupa mendefinisikan dan
sedikit uraian.
Skor 4 jika jawaban berupa mendefinisikan dan
penjelasan logis.
Nilai
= Skor Perolehan × 5
c. Penilaian Kompetensi Keterampilan
Penilaian kompetensi keterampilan menggunakan
teknik penilaian penilaian kinerja untuk menilai aktivitas
simulasi yang dilakukan proyek belajar
kewarganegaraan oleh peserta didik.
Penilaian kinerja dilakukan untuk melihat
kemampuan peserta didik dalam menyusun rencana dan melaksanakan proyek belajar
kewarganegaraan.
No
|
Nama
Peserta
Didik
|
Terlibat
Aktif dalam
Perencanaan
|
Terlibat
Aktif dalam
Proyek Belajar
Kewargenegaraan
|
Memberi
Masukan/
Saran
|
Mengapresiasi
|
|||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan : Diisi dengan tanda ceklist
Kategori Penilaian : 4 = sangat baik, 3 = baik,
2 = cukup, 1 = kurang
Nilai
= Skor Perolehan × 50
2
Pedoman
Penskoran (Rubrik)
1.
Terlibat Aktif dalam Perencanaan
Skor 4
apabila selalu bertanya.
Skor 3
apabila sering bertanya.
Skor 2
apabila kadang-kadang bertanya.
Skor 1
apabila tidak pernah bertanya.
2.
Terlibat Aktif dalam Pelaksanaan Proyek Belajar Kewargenegaraan
Skor 4
apabila materi/jawaban benar, rasional, dan jelas.
Skor 3
apabila materi/jawaban benar, rasional, dan tidak jelas.
Skor 2
apabila materi/jawaban benar, tidak rasional, dan tidak jelas.
Skor 1
apabila materi/jawaban tidak benar, tidak rasional, dan tidak jelas.
3. Kemampuan
MemberiMasukan
Skor 4
apabila selalu memberi masukan.
Skor 3
apabila sering memberi masukan.
Skor 2
apabila kadang-kadang memberi masukan.
Skor 1
apabila tidak pernah memberi masukan.
4.
Mengapresiasi Skor 4 apabila selalu
memberikan pujian.
Skor 4
apabila selalu memberikan pujian.
Skor 3
apabila sering memberikan pujian.
Skor 2
apabila kadang-kadang memberi pujian.
Skor 1
apabila tidak pernah memberi pujian.
Pertemuan
5
a. Penilaian Kompetensi Sikap
Teknik penilaian kompetensi sikap pada
pertemuan kelima dapat menggunakan penilaian diri.
Nama : ...............................
Kelas : ...............................
Semester
: ...............................
Petunjuk :
Berilah tanda ceklist ( ) pada kolom ”Ya” atau
”Tidak” sesuai dengan keadaan yang
sebenarnya.
Penilaian Diri Siswa
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Saya berdoa sebelum dan sesudah melakukan
kegiatan.
|
|
|
2
|
Saya memberi salam pada saat awal dan akhir
kegiatan.
|
|
|
3
|
Saya memelihara hubungan baik dengan sesama
umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.
|
|
|
4
|
Saya menghormati orang lain yang menjalankan
ibadah sesuai dengan agamanya.
|
|
|
5
|
Saya tidak mencontek pada saat ulangan/ujian.
|
|
|
6
|
Saya berani mengakui kesalahan yang
dilakukan.
|
|
|
7
|
Saya siap menerima sanksi bila melangar
aturan/norma.
|
|
|
8
|
Saya menyeberang jalan di tempat
penyeberangan/ zebra cross.
|
|
|
9
|
Saya membuang sampah pada tempatnya.
|
|
|
10
|
Saya mengendarai sepeda motor menggunakan
helm.
|
|
|
11
|
Saya datang tepat waktu di setiap kegiatan.
|
|
|
12
|
Saya patuh pada tata tertib sekolah.
|
|
|
13
|
Saya menepati janji.
|
|
|
14
|
Saya terlibat aktif dalam kegiatan piket
kebersihan kelas.
|
|
|
15
|
Saya tidak berkata-kata kotor dan kasar.
|
|
|
16
|
Saya tidak meludah di sembarang tempat.
|
|
|
17
|
Saya menghormati orang yang lebih tua.
|
|
|
18
|
Saya mengucapkan terima kasih setelah
menerima bantuan dari orang lain.
|
|
|
19
|
Saya tidak mudah putus asa.
|
|
|
20
|
Saya berani berpendapat, bertanya, dan
menjawab pertanyaan.
|
|
|
b. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Teknik penilaian kompetensi pengetahuan
menggunakan tes tertulis dengan bentuk uraian dan penugasan. Instumen tes
uraian menggunakan Uji Kompetensi 2.2.
Uji Kompetensi 2.2
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.
Jelaskan 3 (tiga) manfaat mentaati norma bagi diri sendiri!
2.
Jelaskan 3 (tiga) akibat pelanggaran terhadap norma bagi masyarakat!
3. Apa
pengertian keadilan?
4. Apa
arti penting hukum dalam mewujudkan keadilan?
5.
Sebutkan dua contoh perilaku sesuai norma dalam kehidupan di sekolah!
Kunci Jawaban Uji Kompetensi 2.2
1. Tiga
manfaat mentaati norma bagi diri sendiri.
a.
Membuat hidup menjadi tenang.
b.
Membuat pergaulan menjadi rukun, tertib dan damai.
c.
Mengendalikan tingkah laku agar sesuai dengan norma.
2. Tiga
akibat pelanggaran terhadap norma bagi masyarakat.
a.
Mengakibatkan perselisihan, pertengkaran atau kekacauan.
b.
Melanggar hak-hak orang lain.
c.
Merugikan hak atau kepentingan orang lain.
3. Keadilan adalah setiap orang harus
diperlakukan sesuai dengan hak-haknya dan tidak diperlakukan secara
sewenang-wenang.
4. Arti
penting hukum dalam mewujudkan keadilan.
a.
Pedoman dalam bertingkah laku.
b.
Menjaga kerukunan anggota masyarakat.
c.
Sistem pengendalian sosial.
5. Dua contoh
perilaku sesuai norma dalam kehidupan sekolah.
a.
Menggunakan pakaian seragam sekolah sesuai dengan aturan yang berlaku
b.
Berkata sopan kepada guru dan karyawan sekolah.
Penilaian pengetahuan peserta didik dilakukan
dalam bentuk menilai jawaban.
Penskoran jawaban diberi skor rentang 1-4, dan
nilai maksimal 100. Adapun kriteria skor diantaranya sebagai berikut.
Skor 1 jika jawaban hanya berupaya menjawab
saja.
Skor 2 jika jawaban berupa mendefinisikan.
Skor 3 jika jawaban berupa mendefinisikan dan
sedikit uraian.
Skor 4 jika jawaban berupa mendefinisikan dan
penjelasan logis.
Nilai
= Skor Perolehan × 5
Uji Pemahaman
Untuk mengukur kompetensi peserta didik dalam
menguasai Bab 2, dilakukan penilaian diri atas pemahaman terhadap materi pada
bab ini dengan memberikan tanda ceklist
pada kolom sangat paham, paham sebagian, dan belum paham.
No
|
Submateri Pokok
|
Sangat
Paham
|
Paham
Sebagian
|
Belum
Paham
|
1
|
Norma dalam kehidupan bermasyarakat.
a.
Pengertian norma.
b.
Macam-macam norma.
|
|
|
|
2
|
Arti penting norma dalam kehidupan
bermasyarakat dan bernegara.
|
|
|
|
3
|
Perilaku sesuai norma dalam kehidupan
sehari-hari.
|
|
|
|
Apabila peserta didik berada pada kategori
sangat paham, berikan materi pengayaan. Apabila pemahaman peserta didik berada
pada kategori paham sebagian dan belum paham guru memberikan penjelasan lebih
lengkap, agar meningkatkan pemahaman peserta didik.
c. Penilaian
Kompetensi Keterampilan
Penilaian kompetensi keterampilan menggunakan
teknik portofolio untuk menilai hasil telaah tentang arti penting menaati
norma. Instrumen portofolio mencakup aspek penyajian dan laporan hasil telaah. Instrumen
penilaian portofolio menggunakan format penilaian lembar penilaian penyajian
dan laporan hasil telaah di bagian 1.
Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan diberikan
kepada siswa yang telah menguasai materi dan secara pribadi sudah mampu
memahami norma dan keadilan. Bentuk pengayaan dapat dilakukan dengan cara
sebagai berikut.
1. Guru memberikan tugas untuk mempelajari lebih
lanjut tentang materi pokok dari berbagai sumber dan mencatat hal-hal penting.
Selanjutnya menyajikan dalam bentuk laporan tertulis atau membacakan di depan
kelas.
2.
Peserta didik membantu peserta didik lain yang belum tuntas dengan
pembelajaran tutor sebaya.
Remedial
Remedial dilaksanakan untuk siswa yang belum
menguasai materi dan belum mampu memahami norma dan keadilan. Kegiatan remedial
dilakukan dengan mengulang materi pembelajaran apabila peserta didik yang sudah
tuntas di bawah 75%. Sedangkan apabila peserta didik yang sudah tuntas lebih
dari 75% maka kegiatan remedial dapat dilakukan dengan : (1) Mengulang materi
pokok di luar jam tatap muka bagi peserta didik yang belum tuntas, (2)
Memberikan penugasan kepada peserta didik yang belum tuntas, (3) Memberikan kesempatan untuk tes perbaikan.
Perlu diperhatikan bahwa materi yang diulang atau dites kembali adalah materi
pokok atau keterampilan yang berdasarkan analisis belum dikuasai oleh peserta
didik. Kegiatan remedial bagi kompetensi sikap dilakukan dalam bentuk pembinaan
secara holistis, yang melibatkan guru bimbingan konseling dan orang tua.
Interaksi Guru dan Orang Tua
Interakasi guru dengan orang tua dapat
dilakukan dengan cara guru meminta peserta didik memperlihatkan hasil pekerjaan
yang telah dinilai/dikomentari guru kepada orang tuanya. Kemudian orang tua
mengomentari hasil pekerjaan siswa. Orang tua dapat menuliskan apresiasi kepada
anak sebagai bukti perhatian mereka agar anak senantiasa meningkatkan
pengetahuan, keterampilan dan sikap. Hasil penilaian yang telah diparaf guru
dan orang tua kemudian disimpan dan menjadi portofolio siswa.
Cugenang, September
2016
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran,
Kepala SMP Negeri 1
Cugenang
Dra. Heny Mulyani,
M.Pd Srinansy,
M.MPd.
NIP.
19601110 198803 2004 NIP. 19800323 200902 2007
Tidak ada komentar:
Posting Komentar