Selasa, 13 September 2016

RPP Kelas 7 PPKN



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Satuan Pendidikan                 :    SMP NEGERI 1 CUGENANG
Mata Pelajaran                        :    Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/semester                        :    VII/1
Materi Pokok                          :    Norma dan Keadilan
Alokasi Waktu                       :    5 Pertemuan ( 5  x 3 JP  = 15  JP)



A.      Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran, peserta didik diharapkan mampu:
1.2.1  Bersyukur atas keberadaan norma dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.
1.2.1  Menyadari pentingnya penegakan  hukum untuk kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
2.2.1  Mendukung proses penegakan hukum.
2.2.2  Terlibat aktif dalam menegakkan tata tertib di sekolah.
3.2.1  Mendeskripsikan pengertian dan macam-macam norma.
3.2.2  Mendesripsikan macam-macam  norma dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
3.2.3  Menunjukkan perilaku sesuai norma.
3.2.4  Menunjukkan macam-macam keadilan.
3.2.5  Menganalisis pentingnya  norma hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
4.4.1  Menyajikan hasil telaah pengertian dan macam-macam norma.
4.4.2  Menyajikan hasil telaah arti penting norma dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
4.4.3  Mempraktikkan perilaku menaati norma dalam lingkungan sekolah.

B.       Kompetensi Dasar
1.2  Menanggapi  norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dengan jujur sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.2  Menghargai norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat.
3.2  Memahami norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan.
4.2 Melaksanakan perilaku sesuai  norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan.

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi
1.2.1  Bersyukur atas keberadaan norma dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.
1.2.1  Menyadari pentingnya penegakan  hukum untuk kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan   bernegara.
2.2.1  Mendukung proses penegakan hukum.
2.2.2  Terlibat aktif dalam menegakkan tata tertib di sekolah.
3.2.1  Mendeskripsikan pengertian dan macam-macam norma.
3.2.2  Mendesripsikan macam-macam  norma dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
3.2.3  Menunjukkan perilaku sesuai norma.
3.2.4  Menunjukkan macam-macam keadilan.
3.2.5  Menganalisis pentingnya  norma hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
4.4.1  Menyajikan hasil telaah pengertian dan macam-macam norma.
4.4.2  Menyajikan hasil telaah arti penting norma dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
4.4.3  Mempraktikkan perilaku menaati norma dalam lingkungan sekolah.

D.      Materi Pembelajaran
1.  Norma dalam kehidupan bermasyarakat  (Terlampir)
2.  Arti Penting Norma dalam Mewujudkan Keadilan  (Terlampir)
3.  Perilaku Sesuai Norma dalam Kehidupan Sehari-hari (Terlampir)

E.       Metode Pembelajaran
Pertemuan 1
Pembelajaran menggunakan model problem based learning, metode diskusi dengan model klarifikasi nilai.

Pertemuan 2
Pembelajaran menggunakan model problem based learning, metode diskusi dengan simulasi.

Pertemuan 3
Pembelajaran menggunakan model discovery learning, numbered head together (kepala bernomor).

Pertemuan 4
Pembelajaran menggunakan project based learning, metode diskusi dengan model pembelajaran  proyek belajar kewarganegaraan.

Pertemuan 5
Pembelajaran menggunakan problem based learning, metode diskusi dengan model partisipasi kewarganegaraan.

F.       Media Pembelajaran
1.    Lembar Kerja Peserta Didik
2.    Laptop dan Proyektor
3.    Power point
4.    Gambar
5.    Video

G. Sumber Pembelajaran
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Pendidikan  Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.








H.  Langkah-Langkah  Pembelajaran

Pertemuan 1                      

1.  Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a.    Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, menanyakan kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis, dan sumber belajar.
b.    Guru memberi motivasi dengan membimbing peserta didik untuk meneriakan yel. (Yel telah dipersiapkan sebelumnya oleh guru).
c.    Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab dan  problem solving mengenai hakikat norma misalkan apa pengertian norma? (Guru memberikan apresiasi atas jawaban peserta didik).
d.    Guru menyampaikan kompetensi dasar dan  indikator pencapaian kompetensi yang akan dicapai.
e.    Guru membimbing peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran.
f.     Guru menjelaskan materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.

2.  Kegiatan Inti (90 menit)
a.    Guru membimbing peserta didik membentuk kelas menjadi beberapa kelompok, dengan jumlah anggota empat sampai dengan lima peserta didik.
b.    Guru meminta peserta didik mengamati gambar yang berkaitan dengan norma.
c.    Guru meminta peserta didik mencatat hal-hal yang penting dan yang tidak diketahui dalam gambar tersebut.
d.   Guru mengamati keterampilan peserta didik dalam mengamati gambar tersebut.
e.    Setelah memperhatikan gambar, peserta didik sesuai pembagian kelompok diberikan kesempatan bertanya tentang perilaku dari gambar tersebut atau diwajibkan menjawab pertanyaan berikut.
1)        Apa tanggapan kamu tentang gambar tersebut?
2)        Apa yang menyebabkan terjadinya peristiwa tersebut?
3)        Jelaskan mengapa dalam kehidupan masyarakat masih terjadi peristiwa tersebut?
4)        Jelaskan bagaimana cara mengatasi agar permasalahan tersebut tidak terulang!
f.     Guru membimbing peserta didik untuk mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang sudah disusun juga mencari melalui  sumber belajar lain seperti buku referensi lain atau internet.
g.    Guru membimbing peserta didik untuk mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya, seperti :
1)        Mengapa manusia dalam kehidupannya perlu norma?
2)        Bagaimana akibatnya jika norma tidak dipatuhi?
3)        Bagaimana caranya agar norma dipatuhi oleh masyarakat?
h.    Guru membimbing peserta didik secara kelompok untuk menyimpulkan pengertian  norma, sumber-sumber  norma, macam-macam  norma, dan sanksi pelanggaran norma.
i.      Guru membimbing peserta didik menyusun laporan hasil telaah tentang pengertian  norma dan macam-macam  norma secara tertulis. Laporan dapat berupa display, bahan tayang, maupun dalam bentuk kertas lembaran.
j.      Guru membimbing setiap kelompok untuk menyajikan hasil telaah di kelas. Kegiatan penyajian oleh kelompok dilakukan secara bergantian di depan kelas. Atau melalui memajang hasil telaah (display) di dinding kelas dan kelompok lain saling mengunjungi dan memberikan komentar atas hasil telaah kelompok lain.

3. Kegiatan Penutup (20 menit)
a.    Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal.
b.    Guru melakukan refleksi dengan peserta didik atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan berkaitan dengan pengertian  norma dan macam-macam  norma serta meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut.
1)   Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari pengertian norma dan macam-macam norma bagi kalian?
2)   Apa sikap yang kalian peroleh dari proses pembelajaran yang telah dilakukan?
3)   Apa manfaat yang diperoleh melalui proses pembelajaran yang telah dilakukan?
4)   Apa rencana tindak lanjut akan kalian lakukan?
c.    Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil laporan individu.
d.   Guru melakukan tes tertulis dengan membuat soal sendiri sesuai  indikator pencapaian kompetensi.
e.    Guru menjelaskan rencana kegiatan pertemuan berikutnya.

Pertemuan 2
1. Kegiatan Pendahuluan (20 menit)
a.    Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, mengecek kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis, serta sumber belajar.
b.    Guru memberi motivasi dengan membimbing peserta didik menyanyikan lagu daerah setempat atau permainan daerahnya.
c.    Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab atau  problem solving mengenai norma masyarakat yang telah dipelajari sebelumnya.
d.   Guru menyampaikan kompetensi dasar dan  indikator pencapaian kompetensi yang akan dicapai.
e.    Guru membimbing peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran.
f.     Guru menjelaskan materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.

2.    Kegiatan Inti (80 menit)
a.    Guru membimbing peserta didik berkelompok sesuai dengan kelompok yang dibentuk pada pertemuan pertama.
b.    Guru meminta peserta didik mengkaji suatu masalah yang disampaikan guru tentang pelaksanaan norma dimasyarakat.
c.    Guru membimbing peserta didik secara kelompok untuk mengidentifikasi pertanyaan berkaitan dengan isu publik tentang  norma yang berlaku dalam masyarakat.
d.   Guru dapat membimbing peserta didik menyusun pertanyaan agar terarah sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi, seperti contoh berikut ini.
1)   Apa saja norma yang masih berlaku dalam masyarakat?
2)   Pelaksanaan norma apa yang sering menjadi perhatian masyarakat?
3)   Bagaimana tata cara norma tersebut dalam masyarakat?
4)   Siapa yang terlibat dalam pelaksanaan norma tersebut?
5)   Apa sanksi apabila terjadi pelanggaran terhadap norma tersebut?
e.    Guru memberi motivasi dan penghargaan bagi kelompok yang menyusun pertanyaan terbanyak dan sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi.
f.     Guru membimbing setiap kelompok untuk melakukan pengamatan dari berbagai media tentang pelaksanaan norma di masyarakat.
g.    Guru memfasilitasi peserta didik dengan  sumber belajar lain seperti buku penunjang atau internet.
h.    Guru membimbing peserta didik untuk mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya, seperti berikut ini.
1)   Hubungan berbagai norma yang berlaku.
2)   Persamaan dan perbedaan berbagai norma yang berlaku.
3)   Membandingkan berbagai sanksi norma yang berlaku.
i.      Guru membimbing peserta didik secara kelompok untuk menyimpulkan norma yang berlaku dalam masyarakat.
j.      Guru membimbing kelompok untuk menyajikan simulasi salah satu  norma  yang berlaku dalam masyarakat. Agar lebih terarah, norma yang disimulasikan berbeda antarkelompok. Guru dapat membimbing pembagian tema simulasi tersebut.
k.    Guru membimbing peserta didik menyusun laporan hasil pengamatan secara tertulis. Laporan dapat berupa  display, bahan tayang, maupun dalam bentuk kertas lembaran.
l.      Guru membimbing setiap kelompok untuk menyajikan laporan dalam bentuk pameran kelas.
m.  Guru membimbing setiap kelompok untuk menyajikan simulasi  norma yang berlaku dalam masyarakat.
n.    Selama simulasi, kelompok lain mengamati dan menilai penyajian simulasi.
o.    Setelah simulasi guru memberi kesempatan beberapa kelompok menyampaikan hasil pengamatan terhadap pelaksanaan simulasi.

3. Kegiatan Penutup (20 menit)
a.    Guru melakukan refleksi dengan peserta didik atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan berkaitan dengan norma dalam masyarakat. Mintalah peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini.
1)      Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari  norma dalam masyarakat bagi kalian?
2)      Apa sikap yang kalian peroleh dari proses pembelajaran yang telah dilakukan?
3)      Apa manfaat yang diperoleh melalui proses pembelajaran yang telah dilakukan?
4)      Apa rencana tindak lanjut akan kalian lakukan?
5)      Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya?
b.    Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil laporan individu.
c.    Guru menjelaskan rencana kegiatan pertemuan berikutnya.

Pertemuan 3
1. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
a.    Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, mengecek kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis, serta sumber belajar.
b.    Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab dan  problem solving mengenai hakikat norma misalkan apa pengertian keadilan?
c.    Guru memberikan apresiasi atas jawaban peserta didik.
d.   Guru menyampaikan kompetensi dasar dan  indikator pencapaian kompetensi yang akan dicapai.
e.    Guru membimbing peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran.
f.     Guru menjelaskan materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.

2. Kegiatan Inti (90 menit)
a.    Guru membentuk kelas menjadi beberapa kelompok dan setiap siswa mendapatkan nomor.
b.    Guru memberikan tugas arti penting norma dalam mewujudkan keadilan dan masing-masing kelompok mengerjakannya.
c.    Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan setiap kelompok mengerjakannya/mengetahui jawabannya.
d.   Guru memanggil salah satu nomor siswa untuk melaporkan hasil kerja mereka.Siswa lain memberi tanggapan.
e.    Guru menunjuk nomor yang lainnya untuk kelompok berikutnya.
f.     Guru membimbing peserta didik untuk mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya.
g.    Guru membimbing peserta didik secara kelompok untuk menyimpulkan arti penting norma hukum dalam mewujudkan keadilan di masyarakat.
h.    Guru membimbing peserta didik menyusun laporan hasil telaah tentang makna keadilan  hukum dalam kehidupan masyarakat secara tertulis. Laporan dapat berupa display, bahan tayang, maupun dalam bentuk kertas lembaran.
i.      Guru membimbing setiap kelompok untuk menyajikan hasil telaah di kelas. Kegiatan penyajian dapat setiap kelompok secara bergantian di depan kelas. Atau melalui memajang hasil telaah (display) di dinding kelas dan kelompok lain saling mengunjungi dan memberikan komentar atas hasil telaah kelompok lain.

3. Kegiatan Penutup (15 menit)
a.    Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal.
b.    Guru melakukan refleksi dengan peserta didik atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan berkaitan dengan norma dan keadilan dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut ini.
1)   Apa manfaat yang diperoleh dari norma dan keadilan?
2)    Apa sikap yang kalian peroleh dari proses pembelajaran yang telah dilakukan?
3)   Apa manfaat yang diperoleh melalui proses pembelajaran yang telah dilakukan?
4)   Apa rencana tindak lanjut akan kalian lakukan?
5)   Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya?
c.    Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil laporan individu, dan melakukan tertulis dengan soal yang dipersiapkan guru.
d.   Guru menjelaskan rencana kegiatan pertemuan berikutnya dan menugaskan peserta didik untuk mempelajari Buku PPKn Kelas VII Bab 2, Subbab C.


Pertemuan 4
1.    Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a.    Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, mengecek kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis, serta sumber belajar.
b.    Guru memberi motivasi melalui bernyanyi lagu nasional atau daerah, bermain, atau bentuk lain.
c.    Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab mengenai arti penting norma dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
d.   Guru menyampaikan kompetensi dasar dan  indikator pencapaian kompetensi yang akan dicapai.
e.    Guru membimbing peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran.
f.     Guru menjelaskan materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.

2.    Kegiatan Inti (90 menit)
a.    Peserta didik secara bersama (proyek kelas) menentukan tema sikap dan perilaku menaati norma.
b.    Guru meminta peserta didik mengamati berbagai peristiwa kepatuhan dan ketidakpatuhan masyarakat terhadap norma, kemudian guru dapat menambahkan penjelasan sekilas tentang berbagai peristiwa terbaru yang terjadi dalam lingkungan peserta didik.
c.    Guru meminta kelompok untuk menentukan satu topik masalah berkaitan dengan arti penting menaati norma, seperti tentang berperilaku di jalan raya, atau topik lain sesuai dengan lingkungan peserta didik.
d.   Peserta didik mendiskusikan tentang pentingnya menaati norma dalam masyarakat.
e.    Peserta didik mendiskusikan bentuk perilaku menaati norma dan kemudian membuat gerakan untuk menaati norma.
f.     Peserta didik mendemonstrasikan bentuk-bentuk perilaku menaati norma.
g.    Peserta didik mendokumentasikan bentuk-bentuk perlaku menaati norma yang elah ditampilkan menjadi proyek kelas.
h.    Guru membimbing kelompok untuk menyimpulkan tentang arti penting norma dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

3.    Kegiatan Penutup (20 menit)
a.    Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran.
b.    Guru melakukan refleksi pembelajaran melalui berbagai cara seperi tanya jawab tentang hal yang sudah dipelajari, manfaat pembelajaran, serta perubahan sikap yang perlu dilakukan.
c.    Guru memberikan penilaian proses dan umpan balik atas proses pembelajaran.
d.   Guru menjelaskan kegiatan minggu berikutnya dan untuk melaksanakan praktik kewarganegaraan.

Pertemuan 5
1.    Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
a.    Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, mengecek kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis, serta sumber belajar.
b.    Guru memberi motivasi melalui bernyanyi lagu nasional, bermain, atau bentuk lain sesuai kondisi sekolah.
c.    Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab atau  problem solving mengenai perwujudan perilaku  norma di lingkungan sekolah, masyarakat, bangsa dan negara.
d.   Guru menyampaikan  kompetensi dasar dan  indikator pencapaian kompetensi yang akan dicapai.
e.    Guru membimbing peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran.
f.     Guru menjelaskan materi pokok dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.

2.    Kegiatan Inti (90 menit)
a.    Guru membimbing peserta didik untuk mengamati gambar berbagai bentuk perwujudan perilaku sesuai dengan norma dalam berbagai lingkungan.
b.    Guru membimbing peserta didik menyusun pertanyaan tentang perwujudan perilaku sesuai norma di berbagai lingkungan.
c.    Guru membimbing peserta secara perorangan untuk mencari informasi dengan mengidentifikasi perwujudan perilaku sesuai dengan norma dari berbagai sumber belajar dan pengamatan.
d.   Guru dapat menjadi nara sumber bagi peserta didik untuk menjawab pertanyaan atau mendatangkan nara sumber, seperti pembina OSIS, penjaga sekolah, dan yang lain.
e.    Guru membimbing peserta didik mengkaji Aktivitas 2.7 dan menjawab Tabel 2.4.
f.     Guru membimbing peserta didik mengambil kesimpulan tentang perilaku yang sesuai dengan norma dalam berbagai lingkungan.
g.    Guru membimbing peserta didik menyusun hasil telaah dan pengamatan secara perorangan secara tertulis.
h.    Guru membimbing peserta didik menyajikan hasil telaah secara perorangan dan bergantian.
i.      Peserta didik dengan dibimbing guru menyimpulkan tentang arti penting norma dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

3.    Kegiatan Penutup (15 menit)
a.    Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran.
b.    Guru melakukan refleksi pembelajaran melalui berbagai cara seperi tanya jawab tentang apa yang sudah dipelajari, apa manfaat pembelajaran, apa perubahan sikap yang perlu dilakukan.
c.    Melaksanakan uji kompetensi.
d.   Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran.
e.    Guru menjelaskan kegiatan pertemuan berikutnya dan memberikan penugasan untuk mempelajari Bab 3.





I.     Penilaian  Hasil Pembelajaran

1. Teknik Penilaian           
a. Sikap
b. Pengetahuan
c. Keterampilan

2. Instrumen Penilaian
Pertemuan Pertama

a.        Penilaian Sikap
Penilaian sikap terhadap peserta didik dilakukan selama proses belajar berlangsung. Aspek yang diamati adalah  iman taqwa, rasa syukur, jujur, tanggung jawab, dan percaya diri dalam proses pembelajaran.
Jurnal Pengamatan Sikap
Kelas                           :       ...
Hari, Tanggal              :       ...
Pertemuan Ke-            :       ...
Materi Pokok              :       ...


No

Nama Peserta Didik
Aspek Penilaian
Mematuhi tata tertib sekolah
Tidak datang terlambat
Lapor ketika meninggalkan kelas
Mematuhi aturan  kelas
Rajin beribadah
1






2






3






Catatan:
Skor penilaian menggunakan skala 1-4, yaitu sebagai berikut.
Skor 1 apabila peserta didik tidak pernah sesuai aspek sikap yang dinilai.
Skor 2 apabila peserta didik kadang-kadang sesuai aspek sikap yang dinilai.
Skor 3 apabila peserta didik sering sesuai aspek sikap yang dinilai.
Skor 4 apabila peserta didik selalu sesuai dengan aspek sikap yang dinilai.

b.        Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Teknik  penilaian kompetensi pengetahuan pada pertemuan pertama dengan melaksanakan uji kompetensi mengenai macam-macam norma.

Soal Uji Kompetensi
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.  Apa yang dimaksud dengan norma?
2.  Jelaskan tentang norma kesusilaan?
3.  Jelaskan tentang norma kesopanan?
4.  Jelaskan tentang norma agama?
5.  Jelaskan tentang norma hukum?

Kunci Jawaban Uji Kompetensi
1.    Norma adalah kaidah, aturan atau adat kebiasaan dan/atau hukum yang berlaku dalam masyarakat.
2.    Norma kesusilaan adalah peraturan hidup yang berkenaan dengan bisikan kalbu dan suara hati nurani manusia.
3.    Norma kesopanan adalah norma yang berhubungan dengan pergaulan manusia dalam kehidupan sehari-hari.
4.    Norma agama adalah sekumpulan kaidah atau peraturan hidup manusia  yang sumbernya dari wahyu Tuhan.
5.    Norma hukum adalah peraturan mengenai tingkah laku manusia dalam pergaulan masyarakat dan dibuat oleh badan-badan resmi negara serta bersifat memaksa sehingga perintah dan larangan dalam  norma  hukum harus ditaati oleh masyarakat.

Penskoran aktivitas diberi skor rentang 1-4, dan nilai maksimal 100.

Adapun kriteria skor diantaranya adalah sebagai berikut.
Skor 1 jika jawaban hanya berupaya menjawab saja.
Skor 2 jika jawaban berupa mendefinisikan.
Skor 3 jika jawaban berupa mendefinisikan dan sedikit uraian.
Skor 4 jika jawaban berupa mendefinisikan dan penjelasan logis.
Nilai  =  Skor Perolehan × 25

c.  Penilaian Kompetensi Keterampilan
Penilaian keterampilan dilakukan guru dengan melihat kemampuan peserta didik dalam presentasi, kemampuan bertanya, kemampuan menjawab pertanyaan atau mempertahankan argumentasi kelompok, kemampuan dalam memberikan masukan/saran, serta mengapresiasi pada saat menyampaikan hasil telaah.

Rubrik Penilaian Kinerja
Kelas                        :    ...
Hari, Tanggal           :    ...
Pertemuan Ke-         :    ...
Materi Pokok           :    ...
No
Nama Peserta Didik
Keterampilan Bertanya
Keterampilan memberi masukan/saran
Keterampilan Menjawab/ berargumentasi
Mengapresiasi
Nilai
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1

1


















2


















3


















4


















5


















Keterangan :
Diisi dengan tanda ceklist
Kategori Penilaian : 4 = sangat baik, 3 = baik, 2 = cukup, 1 = kurang
Nilai  =  Skor Perolehan × 50
                         2

Pedoman Penskoran (Rubrik)
1. Kemampuan Bertanya
Skor 4  apabila selalu bertanya.
Skor 3  apabila sering bertanya.
Skor 2  apabila kadang-kadang bertanya.
Skor 1  apabila tidak pernah bertanya.
2. Kemampuan Menjawab/Argumentasi
Skor 4  apabila materi/jawaban benar, rasional, dan jelas.
Skor 3  apabila materi/jawaban benar, rasional, dan tidak jelas.
Skor 2  apabila materi/jawaban benar, tidak rasional, dan tidak jelas.
Skor 1  apabila materi/jawaban tidak benar, tidak rasional, dan tidak jelas.
3. Kemampuan Memberi Masukan
Skor 4  apabila selalu memberi masukan.
Skor 3  apabila sering memberi masukan.
Skor 2  apabila kadang-kadang memberi masukan.
Skor 1  apabila tidak pernah memberi masukan.
4.      Mengapresiasi
Skor 4  apabila selalu memberikan pujian.
Skor 3  apabila sering memberikan pujian.
Skor 2  apabila kadang-kadang memberi pujian.
Skor 1  apabila tidak pernah memberi pujian.


Pertemuan kedua

a.  Penilaian Kompetensi Sikap
Teknik  penilaian kompetensi sikap dapat menggunakan  observasi. Penilaian dilakukan secara terus menerus selama proses pembelajaran. Format penilaian sikap menggunakan Jurnal Perkembangan sikap.
Jurnal Perkembangan Sikap
Kelas          : ……..............…….
Semester     : ……..............…….
No
Tanggal
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
















. b.  Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Teknik  penilaian kompetensi pengetahuan pada pertemuan pertama dengan mengobservasi jawaban dan diskusi yang berkembang dari diskusi dan tanya jawab yang dilakukan oleh guru.

Instrumen Observasi Pengetahuan
Kelas                                : ……..............…….
Semester                                       : ……..............…….
Pengetahuan yang dinilai             : Macam-Macam Norma
No
Nama
Peserta
Didik

Jawaban Peserta Didik

Menjawab
Saja
Mendefinisikan
Mendefinisikan
dan Sedikit Uraian


Mendefinisikan
dan Penjelasan
Logis

1
2
3
4


















Observasi pengetahuan peserta didik dilakukan dalam bentuk mengamati diskusi dan pemikiran logis yang berkembang dalam diskusi. Penskoran aktivitas diberi skor rentang 1-4, dan nilai maksimal 100.
Adapun kriteria skor diantaranya sebagai berikut.
Skor 1 jika jawaban hanya berupaya menjawab saja.
Skor 2 jika jawaban berupa mendefinisikan.
Skor 3 jika jawaban berupa mendefinisikan dan sedikit uraian.
Skor 4 jika jawaban berupa mendefinisikan dan penjelasan logis.
Nilai  =  Skor Perolehan × 25 

c.  Penilaian Kompetensi Keterampilan
Penilaian keterampilan dilakukan guru dengan melihat kemampuan peserta didik dalam presentasi, kemampuan bertanya, kemampuan menjawab pertanyaan atau mempertahankan argumentasi kelompok, kemampuan dalam memberikan masukan/saran, serta mengapresiasi pada saat menyampaikan hasil telaah tentang semangat pendiri Negara dalam memahami norma dalam kehidupan bermasyarakat. Lembar penilaian penyajian dan laporan hasil telaah dapat menggunakan format di bawah ini, dengan ketentuan aspek penilaian dan rubriknya dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi serta keperluan guru.

No
Nama
Peserta
Didik

Kemampuan
Bertanya
Kemampuan
Menjawab/
Berargumentasi

Memberi
Masukan/
Saran

Mengapresiasi

4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1




































Keterangan : Diisi dengan tanda ceklist
Kategori Penilaian : 4 = sangat baik, 3 = baik, 2 = cukup, 1 = kurang
Nilai  =  Skor Perolehan × 50
2

Pertemuan ketiga

a.  Penilaian Kompetensi Sikap
Teknik penilaian kompetensi sikap untuk pertemuan ketiga menggunakan teknik penilaian sikap dengan observasi. Pada subbab ini, sikap dan keterampilan yang ingin dicapai adalah pembiasaan dalam mematuhi norma. Aspek yang diambil adalah menanamkan sikap mematuhi norma.

Pedoman Observasi Sikap Mematuhi Norma
Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam tanggung jawab. Berilah tanda ceklist   pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut.
Skor 4  apabila selalu melakukan sesuai aspek pengamatan.
Skor 3  apabila sering melakukan sesuai aspek pengamatan.
Skor 2  apabila kadang-kadang melakukan sesuai aspek pengamatan.
Skor 1  apabila tidak pernah melakukan sesuai aspek pengamatan.

Nama Peserta Didik            : ..................................................
Kelas                                   : ..................................................
Periode Pengamatan           : ..................................................
Materi Pokok                       : ..................................................
No
Aspek Pengamatan
Skor

1
Selalu datang ke sekolah tepat waktu.
1
2
3
4
2
Mengikuti upacara bendera dengan baik.




3
Berjalan di bahu jalan sebelah kiri.




4
Selalu mengerjakan pekerjaan rumah.




5
Tidak pernah ditegur guru karena membuat kesalahan.




Jumlah





b.  Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Teknik  penilaian kompetensi pengetahuan pada pertemuan kedua dengan mengobservasi jawaban dan hasil pekerjaan pada aktivitas yang ada dibuku siswa (Tabel 2.3). Observasi pengetahuan peserta didik dilakukan dalam bentuk menilai isian Aktivitas 2.6.
Penskoran jawaban diberi skor rentang 1-4, dan nilai maksimal 100. Adapun kriteria skor diantaranya:
Skor 1 jika jawaban hanya berupaya menjawab saja
Skor 2 jika jawaban berupa mendefinisikan
Skor 3 jika jawaban berupa mendefinisikan dan sedikit uraian
Skor 4 jika jawaban berupa mendefinisikan dan penjelasan logis

Nilai  =  Skor Perolehan × 25 

c.  Penilaian Kompetensi Keterampilan
Penilaian keterampilan dilakukan guru dengan melihat kemampuan peserta didik dalam presentasi, kemampuan bertanya, kemampuan menjawab pertanyaan atau mempertahankan argumentasi kelompok, kemampuan dalam memberikan masukan/saran, serta mengapresiasi pada saat menyampaikan hasil telaah tentang norma dan keadilan.

No
Nama
Peserta
Didik

Kemampuan
Bertanya
Kemampuan
Menjawab/
Berargumentasi

Memberi
Masukan/
Saran

Mengapresiasi

4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1




































Keterangan : Diisi dengan tanda ceklist
Kategori Penilaian : 4 = sangat baik, 3 = baik, 2 = cukup, 1 = kurang
Nilai  =  Skor Perolehan × 50
2

Pertemuan 4

a.  Penilaian Kompetensi Sikap
Teknik  penilaian kompetensi sikap dapat menggunakan  observasi. Penilaian dilakukan secara terus menerus selama proses pembelajaran. Penilaian menggunakan Jurnal Perkembangan Sikap.

Jurnal Perkembangan Sikap
Kelas          : ……..............…….
Semester     : ……..............…….
No
Tanggal
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap

































b.  Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Teknik  penilaian kompetensi pengetahuan pada pertemuan keempat dengan mengobservasi kemampuan peserta didik dalam memahami norma dan keadilan melalui tugas mengerjakan uji kompetensi 2.1.

Uji Kompetensi 2.1
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.  Apa yang dimaksud dengan norma?
2.  Mengapa norma diperlukan dalam masyarakat?
3.  Bagaimana proses terbentuknya norma dalam masyarakat?
4. Jelaskan 4 (empat) macam  norma menurut bidangnya dan berilah masing-masing 2 (dua) contohnya!
5.  Apakah perbedaan sanksi kebiasaan dan adat istiadat?

Kunci Jawaban Uji Kompetensi 2.1
1.        Norma adalah aturan atau ketentuan yang mengatur kehidupan warga masyarakat digunakan sepada panduan, tatanan dan pengendali tingkah laku.
2.        Norma diperlukan dalam kehidupan masyarakat untuk melindungi kepentingan-kepentingan manusia sehingga dapat terwujud ketertiban dan kedamaian dalam kehidupan.
3.        Proses terbentuknya norma. Dalam kehidupan bermasyarakat, setiap manusia memiliki perbedaan kepentingan. Untuk melindungi kepentingan dan menghindari perselisihan akibat perbedaan kepentingan tersebut diperlukan adanya aturan hidup yang disepakati bersama yang dinamakan dengan norma.
4.        Macam-macam norma.
a.   Norma kesusilaan, yaitu peraturan hidup yang bersumber dari suara hati nurani manusia. Contohnya, (1) tidak mengambil dompet seseorang yang terjatuh atau tertinggal; (2) tidak menyontek pada saat ulangan atau ujian.
b.   Norma kesopanan, yaitu peraturan hidup yang bersumber dari pergaulan hidup manusia. Contohnya, (1) berkata sopan kepada orang tua; (2) menggunakan tangan kanan menunjukkan sesuatu dan sebagainya.
c.  Norma agama, peraturan hidup yang bersumber dari wahyu Tuhan. Contohnya, (1) melaksanakan ibadah sesuai dengan ajaran agama yang dianutnya; (2) menjauhi larangan yang diperintahkan oleh Tuhan dalam kitab suci.
d.  Norma hukum, peraturan hidup yang dibuat oleh badan-badan resmi negara yang bersifat mengatur dan memaksa setiap warga negara. Contohnya: (1) kewajiban memilki SIM bagi pengendara kendaraan bermotor; (2) menggunakan helm bagi pengendara kendaraan bermotor roda dua (motor).
5.  Perbedaan sanksi kebiasaan dan adat istiadat terletak pada kekuatan sanksinya. Sanksi terhadap pelanggaran kebiasaan tidak sekuat sanksi pelanggaran pada hukum adat.

Penilaian pengetahuan peserta didik dilakukan dalam bentuk menilai jawaban. Penskoran jawaban diberi skor rentang 1-4, dan nilai maksimal 100. Adapun kriteria skor diantaranya sebagai berikut.
Skor 1 jika jawaban hanya berupaya menjawab saja.
Skor 2 jika jawaban berupa mendefinisikan.
Skor 3 jika jawaban berupa mendefinisikan dan sedikit uraian.
Skor 4 jika jawaban berupa mendefinisikan dan penjelasan logis.
Nilai  =  Skor Perolehan × 5 

c.  Penilaian Kompetensi Keterampilan
Penilaian kompetensi keterampilan menggunakan teknik  penilaian  penilaian kinerja untuk menilai aktivitas simulasi yang dilakukan  proyek belajar kewarganegaraan oleh peserta didik.
Penilaian kinerja dilakukan untuk melihat kemampuan peserta didik dalam menyusun rencana dan melaksanakan proyek belajar kewarganegaraan.

No
Nama
Peserta
Didik

Terlibat
Aktif dalam
Perencanaan

Terlibat
Aktif dalam
Proyek Belajar
Kewargenegaraan

Memberi
Masukan/
Saran

Mengapresiasi

4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1























































Keterangan : Diisi dengan tanda ceklist
Kategori Penilaian : 4 = sangat baik, 3 = baik, 2 = cukup, 1 = kurang
Nilai  =  Skor Perolehan × 50
2

Pedoman Penskoran (Rubrik)
1. Terlibat Aktif dalam Perencanaan
Skor 4  apabila selalu bertanya.
Skor 3  apabila sering bertanya.
Skor 2  apabila kadang-kadang bertanya.
Skor 1  apabila tidak pernah bertanya.
2. Terlibat Aktif dalam Pelaksanaan Proyek Belajar Kewargenegaraan
Skor 4  apabila materi/jawaban benar, rasional, dan jelas.
Skor 3  apabila materi/jawaban benar, rasional, dan tidak jelas.
Skor 2  apabila materi/jawaban benar, tidak rasional, dan tidak jelas.
Skor 1  apabila materi/jawaban tidak benar, tidak rasional, dan tidak jelas.
3. Kemampuan MemberiMasukan
Skor 4  apabila selalu memberi masukan.
Skor 3  apabila sering memberi masukan.
Skor 2  apabila kadang-kadang memberi masukan.
Skor 1  apabila tidak pernah memberi masukan.
4. Mengapresiasi Skor 4  apabila selalu memberikan pujian.
Skor 4  apabila selalu memberikan pujian.
Skor 3  apabila sering memberikan pujian.
Skor 2  apabila kadang-kadang memberi pujian.
Skor 1  apabila tidak pernah memberi pujian.


Pertemuan 5

a.  Penilaian Kompetensi Sikap
Teknik penilaian kompetensi sikap pada pertemuan kelima dapat menggunakan penilaian diri.
Nama                      :  ...............................
Kelas                      :  ...............................
Semester                 :  ...............................

Petunjuk :
Berilah tanda ceklist ( ) pada kolom ”Ya” atau ”Tidak” sesuai dengan keadaan yang
sebenarnya.
Penilaian Diri Siswa
No
Pernyataan
Ya
Tidak
1
Saya berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan.


2
Saya memberi salam pada saat awal dan akhir kegiatan.


3
Saya memelihara hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.


4
Saya menghormati orang lain yang menjalankan ibadah sesuai dengan agamanya.


5
Saya tidak mencontek pada saat ulangan/ujian.


6
Saya berani mengakui kesalahan yang dilakukan.


7
Saya siap menerima sanksi bila melangar aturan/norma.


8
Saya menyeberang jalan di tempat penyeberangan/ zebra cross.


9
Saya membuang sampah pada tempatnya.


10
Saya mengendarai sepeda motor menggunakan helm.


11
Saya datang tepat waktu di setiap kegiatan.


12
Saya patuh pada tata tertib sekolah.


13
Saya menepati janji.


14
Saya terlibat aktif dalam kegiatan piket kebersihan kelas.


15
Saya tidak berkata-kata kotor dan kasar.


16
Saya tidak meludah di sembarang tempat.


17
Saya menghormati orang yang lebih tua.


18
Saya mengucapkan terima kasih setelah menerima bantuan dari orang lain.


19
Saya tidak mudah putus asa.


20
Saya berani berpendapat, bertanya, dan menjawab pertanyaan.



 b.   Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Teknik penilaian kompetensi pengetahuan menggunakan tes tertulis dengan bentuk uraian dan penugasan. Instumen tes uraian menggunakan Uji Kompetensi 2.2.

Uji Kompetensi 2.2
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.  Jelaskan 3 (tiga) manfaat mentaati norma bagi diri sendiri!
2.  Jelaskan 3 (tiga) akibat pelanggaran terhadap  norma bagi masyarakat!
3.  Apa pengertian keadilan?
4.  Apa arti penting hukum dalam mewujudkan keadilan?
5.  Sebutkan dua contoh perilaku sesuai norma dalam kehidupan di sekolah!

Kunci Jawaban Uji Kompetensi 2.2
1.  Tiga manfaat mentaati norma bagi diri sendiri.
a.  Membuat hidup menjadi tenang.
b.  Membuat pergaulan menjadi rukun, tertib dan damai.
c.  Mengendalikan tingkah laku agar sesuai dengan norma.
2.  Tiga akibat pelanggaran terhadap norma bagi masyarakat.
a.  Mengakibatkan perselisihan, pertengkaran atau kekacauan.
b.  Melanggar hak-hak orang lain.
c.  Merugikan hak atau kepentingan orang lain.
3.  Keadilan adalah setiap orang harus diperlakukan sesuai dengan hak-haknya dan tidak diperlakukan secara sewenang-wenang.
4.  Arti penting hukum dalam mewujudkan keadilan.
a.  Pedoman dalam bertingkah laku.
b.  Menjaga kerukunan anggota masyarakat.
c.  Sistem pengendalian sosial.
5.  Dua contoh perilaku sesuai norma dalam kehidupan sekolah.
a.  Menggunakan pakaian seragam sekolah sesuai dengan aturan yang berlaku
b.  Berkata sopan kepada guru dan karyawan sekolah.
Penilaian pengetahuan peserta didik dilakukan dalam bentuk menilai jawaban.
Penskoran jawaban diberi skor rentang 1-4, dan nilai maksimal 100. Adapun kriteria skor diantaranya sebagai berikut.
Skor 1 jika jawaban hanya berupaya menjawab saja.
Skor 2 jika jawaban berupa mendefinisikan.
Skor 3 jika jawaban berupa mendefinisikan dan sedikit uraian.
Skor 4 jika jawaban berupa mendefinisikan dan penjelasan logis.
Nilai  =  Skor Perolehan × 5 

Uji Pemahaman
Untuk mengukur kompetensi peserta didik dalam menguasai Bab 2, dilakukan penilaian diri atas pemahaman terhadap materi pada bab ini dengan memberikan tanda ceklist   pada kolom sangat paham, paham sebagian, dan belum paham.

No
Submateri Pokok
Sangat
Paham

Paham
Sebagian

Belum
Paham
1
Norma dalam kehidupan bermasyarakat.
a.  Pengertian norma.
b.  Macam-macam norma.



2
Arti penting norma dalam kehidupan
bermasyarakat dan bernegara.



3
Perilaku sesuai norma dalam kehidupan sehari-hari.




Apabila peserta didik berada pada kategori sangat paham, berikan materi pengayaan. Apabila pemahaman peserta didik berada pada kategori paham sebagian dan belum paham guru memberikan penjelasan lebih lengkap, agar meningkatkan pemahaman peserta didik.

c.     Penilaian Kompetensi Keterampilan
Penilaian kompetensi keterampilan menggunakan teknik portofolio untuk menilai hasil telaah tentang arti penting menaati norma. Instrumen portofolio mencakup aspek penyajian dan laporan hasil telaah. Instrumen penilaian portofolio menggunakan format penilaian lembar penilaian penyajian dan laporan hasil telaah di bagian 1.

Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan diberikan kepada siswa yang telah menguasai materi dan secara pribadi sudah mampu memahami norma dan keadilan. Bentuk pengayaan dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
1.  Guru memberikan tugas untuk mempelajari lebih lanjut tentang materi pokok dari berbagai sumber dan mencatat hal-hal penting. Selanjutnya menyajikan dalam bentuk laporan tertulis atau membacakan di depan kelas.
2.  Peserta didik membantu peserta didik lain yang belum tuntas dengan pembelajaran tutor sebaya.

Remedial
Remedial dilaksanakan untuk siswa yang belum menguasai materi dan belum mampu memahami norma dan keadilan. Kegiatan remedial dilakukan dengan mengulang materi pembelajaran apabila peserta didik yang sudah tuntas di bawah 75%. Sedangkan apabila peserta didik yang sudah tuntas lebih dari 75% maka kegiatan remedial dapat dilakukan dengan : (1) Mengulang materi pokok di luar jam tatap muka bagi peserta didik yang belum tuntas, (2) Memberikan penugasan kepada peserta didik yang belum tuntas, (3)  Memberikan kesempatan untuk tes perbaikan. Perlu diperhatikan bahwa materi yang diulang atau dites kembali adalah materi pokok atau keterampilan yang berdasarkan analisis belum dikuasai oleh peserta didik. Kegiatan remedial bagi kompetensi sikap dilakukan dalam bentuk pembinaan secara holistis, yang melibatkan guru bimbingan konseling dan orang tua.
Interaksi Guru dan Orang Tua
Interakasi guru dengan orang tua dapat dilakukan dengan cara guru meminta peserta didik memperlihatkan hasil pekerjaan yang telah dinilai/dikomentari guru kepada orang tuanya. Kemudian orang tua mengomentari hasil pekerjaan siswa. Orang tua dapat menuliskan apresiasi kepada anak sebagai bukti perhatian mereka agar anak senantiasa meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap. Hasil penilaian yang telah diparaf guru dan orang tua kemudian disimpan dan menjadi portofolio siswa.


                                              



      Cugenang,    September  2016
                      Mengetahui,                                                                     Guru Mata Pelajaran,
    Kepala SMP Negeri 1 Cugenang






           Dra. Heny Mulyani, M.Pd                                                              Srinansy, M.MPd.
       NIP. 19601110 198803 2004                                                  NIP. 19800323 200902 2007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar